TRANSISTOR SEBAGAI SAKLAR

October032013
Selain bekerja sebagai penguat, transistor juga dapat bekerja sebagai saklar. Transistor memiliki tiga daerah yang dapat dilihat pada gambar berikut ini :


(Kurva Daerah Kerja Transistor)

Selain BJT (Bipolar Junction Transistor), MOSFET(MOS Field-Effect Transistors) juga dapat berfungsi sebagai saklar. Dibandingkan dengan BJT, sifat saklar dari MOSFET juga lebih unggul karena membutuhkan arus yang sangat kecil untuk operasinya.

Ada dua tipe MOSFET menurut tegangan kerjanya yaitu n-Channel MOSFET (n-MOS) dan p-Channel MOSFET (p-MOS). Dimana n-MOS bekerja dengan memberikan tegangan positif pada gate, dan sebaliknya, p-MOS bekerja dengan memberikan tegangan negatif di gate. n-MOS berlaku sebagai saklar dengan membuatnya bekerja di sekitar daerah saturasinya.


(Rangkaian dan daerah kerja n-MOS)

Dan jika n-MOS dan p-MOS digabungkan, akan dihasilkan devais CMOS (Complementary MOS) yang rangkaian gabungan dan daerah kerjanya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Dan untuk devais CMOS ini, untuk membuatnya bekerja sebagai saklar, kita harus mengubah-ubah daerah kerjanya antara cut-off dan saturasi.

Demikianlah pembahasan tentang transistor sebagai saklar, semoga dengan membaca artikel ini membuat Anda bisa memahami fungsi-fungsi dari sebuah transistor.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

4 tanggapan untuk "TRANSISTOR SEBAGAI SAKLAR"

Agus Munir TAV pada 08:52 AM, 04-Oct-13

TRANSISTOR SEBAGAI SAKLAR | Agus Munir | Teknik Audio Video

http://agusmunir.mywapblog.com/transistor-sebagai-saklar.xhtml

Agus Munir TAV pada 08:54 AM, 04-Oct-13

TRANSISTOR SEBAGAI SAKLAR | Agus Munir | Teknik Audio Video

http://agusmunir.mywapblog.com/transistor-sebagai-saklar.xhtml

deedy pada 02:45 PM, 03-Mar-14

untuk fungsi transistor sebagai penguat arus & tegangan apakah sistem perancangannya hampir mirip dengan transistor sebagai penguat suara???
mohon dijelaskan....
terima kasih

Agus Nuke Forever pada 08:34 PM, 03-Mar-14

@deedy,
Fungsi lain dari transistor adalah sebagai penguat arus. Karena fungsi ini maka transistor bisa dipakai untuk rangkaian power supply dengan tegangan yang di set. Untuk keperluan ini transistor harus dibias tegangan yang konstan pada basisnya, supaya pada emitor keluar tegangan yang tetap. Biasanya untuk mengatur tegangan basis supaya tetap digunakan sebuah dioda zener.

untuk lebih jelasnya kunjungi : smile
www.50000artikel.blogspot.com/2013/01/fungsi-transistor-sebagai-penguat-arus.html?m=1

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas